Yiwu, kota perdagangan internasional di China

Yiwu terletak di Propinsi Zejiang, sebuah kota kecil, tapi menjadi berkembang karena dijadikan kota perdagangan internasional. (Inilah kehebatan pemerintah disana, semua kota dikembangkan, tidak hanya pembangunan di kota besar). Disini terdapat pusat perbelanjaan grosir yang sangat besar, dan para pedagang yang datang kesini berasal dari seluruh dunia. Warga sekitar banyak yang menjadi lebih makmur, terlihat dari banyak mobil-mobil mewah eropa di jalanan. Sayangnya, peningkatan kesejahteraan orang-orang disini tidak disertai dengan etika mereka. Orang merokok dimana-mana, bahkan di tempat umum. Jika kita makan di restoran ac ataupun non ac, kebanyakan pria sehabis makan pasti merokok. Kalo mau duduk di restoran, gw milih duduk di meja yang jauh dengan orang lain. Sopir taksi juga banyak yang merokok (tarif taksinya seperti di Jkt, tapi non-ac sehingga kaca jendelanya dibuka). Pelayanan restoran juga tidak terlalu bagus, kadang-kadang kita sudah duduk di meja atau sudah pesan makanan tapi peralatan makan nya belum ada, dan kita mesti panggil pelayan (kurang inisiatif). Parkir mobil pada asal-asalan (tapi gratis loh dimana-mana), dan perang klakson mobil dimana-mana, termasuk juga di malam hari. Orang2 menyetir dengan terburu-buru. Jika kita kuatir naik taksi di Jakarta akan dibawa lebih jauh daripada jalan sebenarnya, disini malah sopir taksinya sangat buru-buru, mau mengantar kita secepatnya. Saking cepatnya, ga peduli mau ngerem mendadak, mau ke kiri atau ke kanan, seperti lagi balapan. Bagi yang ga biasa naik mobil kaya gini pasti mabok deh. Tarif taksi per buka pintu 5 yuan (1 yuan = rp 1350) ditambah charge tambahan 3 yuan dari tarif argo yang tertera setelah kita sampai tujuan.

Pusat perdagangan Yiwu (International Trade Market) dikenal dengan Futien Market, terdiri dari beberapa gedung dengan ribuan toko. Mereka adalah para pedagang atau perwakilan pabrik dari seluruh China. Dari mulai barang pecah belah, pakaian, aksesoris, mainan, sampe mesin-mesin dan elektronik ada disini. Jika kita ingin membeli barang disini, lebih baik kita menggunakan jasa Shipping Agent/ Export Agent. Banyak pedagang china yang nakal, mereka mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan pesanan/ sample yang kita lihat di toko, jadilah kita ditipu oleh mereka. Karena hal itu, banyak perusahaan jasa di Yiwu yang bisa membantu kita membeli barang. Mereka akan mencatat barang2 yang kita inginkan dengan detil, mengatur pengiriman, dan mendapat komisi berapa persen dari total pembelian kita.

Info tambahan, toilet umum di mal ini (dan juga katanya di sebagian besar china) adalah toilet jongkok, dan tidak ada air kran / jet washer, apalagi tisue. Hanya ada air untuk flush (dengan menginjak pedal). Bingung juga gw waktu pertama kali liat toiletnya, langsung kepikiran gimana yah jika mau boker?? Belum lagi bau pesing bgt deh. Jadi, jangan lupa untuk membawa air sendiri dan tissue jika anda mau boker di toilet2 umum yah (kecuali toilet di hotel lebih bagus uda pake duduk,tapi di hotel yang kita nginep bintang 4 juga ga ada jet washer nyaa…??

View kota Yiwu dari Bali Plaza hotel

view Yiwu dari Bali Plaza Hotel

Salah satu distrik dari Futien Market

Peralatan makan di rumah makan selalu dibungkus plastik

the best suki restaurant in Yiwu, must try!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s