Kej 12 & 20; Dosa Abraham

Abraham, “ a man of great faith” ternyata bisa menjadi “ a man of great moral weakness”. Aku membaca tentang iman dan kepatuhan nya kepada Tuhan, dan semua itu luar biasa. Penantian nya hingga berumur 100 tahun untuk memiliki anak. Namun ada dosa yg juga dia lakukan, yaitu menipu. Dan ini terjadi dua kali!

Pertama di Kej 12, ketika Abram dan Sarai pergi ke Mesir, karena di Kanaan sedang terjadi kelaparan. Karena Abram takut dia akan dibunuh apabila org Mesir ingin mengambil Sarai yg cantik menjadi istri mereka, maka dia mengajari Sarai utk mengatakan bahwa mereka berdua adalah saudara. Sebenarnya mereka memang masih bersaudara, tapi motivasi Abram melakukan ini adalah karena memikirkan keselamatan dirinya sendiri, dan lupa bahwa Tuhan yg akan menjaga mereka. Tampaknya Abram ternyata bergumul utk mempercayai rencana Tuhan.

Kejadian kedua terulang lagi 20 tahun kemudian, saat Abraham dan Sarah tinggal di Gerar. Kejadian yg sama saat mereka bertemu Raja Gerar yang menyukai Sarah. Mereka menipu lagi utk keselamatan Abraham. Lebih menarik lagi ketika ternyata kelemahan nya ini “menurun” kepada anaknya (Ishak) dan kemudian cucunya, Yakub. Ini adalah pelajaran agar kita waspada, bahkan org seperti Abraham pun bisa jatuh dalam dosa.

Lucunya adalah, ketika ada hal jelek dilakukan oleh orang benar, sebaliknya malah ada hal benar yg dilakukan oleh orang jahat. Abimelek, di Kej 20, bukan org yg percaya Tuhan. Tapi apa yg dia lakukan menunjukkan pertobatan dan kemurahan hati kepada Abraham. Wah, sungguh cerita yg membuat kita semua belajar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s