Singles Holiday; Trip to Jawa Bali

(Bagian 1)

Liburan kemarin aku dan jn berlibur bersama group single (Singles Holiday) ke Jawa dan Bali. Awalnya ketika kami diajak, aku merasa ragu karena perjalanan kita lewat darat menggunakan bis! Aduh ngebayangin naik bis 3 jam aja males, apalagi 2 hari perjalanan ke Bali. Apalagi memikirkan ada 2 dogi di rumah, kalau ditinggal siapa yang bisa ngasih makan? Jadi mulailah kami mencari tiket pesawat yang murah (tapi tidak ketemu) dan mencari teman yang mau menginap di rumah untuk memberi makan dogi (dan ketemu, Tks ya Lili!). Terpikir juga apa gak macet ya perjalanan sejalan dengan orang2 mudik. Tapi setelah berdoa dan pertimbangan akhirnya kami memutuskan untuk ikutan. Biayanya murah sekali, Rp 1,3 juta/orang, sudah termasuk makan 3x sehari dan penginapan, dan tiket masuk lokasi wisata.

Kami berangkat hari sabtu 27 September jam 7.30 dari Grogol. Menggunakan jasa Tour Naratas, rombongan kami berjumlah 41 orang ( Joni, Bani, Eddy, Rian, Agung, Hongky, Jimy, Gunawan, Tekwie, Hendra, Eko, Veny W, Fredy, Nana, Ahung, Mimi, Anggrainy, Christin, Aling, Regina, Ling-Ling, Siao Fong, Desi, Maya, Kely, Mery, Risma, Rina, Eni, Dewi, Mety, Fida, Setia, Yuline, Elin, Erna, Sulis, Tere, Linda, Ana ) disertai crew tour 5 orang. Kami melewati jalur selatan untuk sampai ke Bali, yaitu

Tol Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Nagreg – Garut – Tasikmalaya – Ciamis – Banyumas – Kebumen – Purworejo –Wates – Yogyakarta – Klaten – Solo – Sragen – Ngawi – Madiun – Nganjuk – Jombang – Mojokerto – Pasuruan – Probolinggo – Paiton – Situbondo – Banyuwangi – naik Fery ke Gilimanuk Bali. Wah kalau melihat peta, perjalanan kami kira-kira sejauh 1000 KM. Jadi kalau bolak balik sudah 2000 KM.

Perjalanan sempat terhambat macet di tol Cikampek dan daerah Garut, selebihnya tidak ada kemacetan yang berarti. Beberapa orang mabuk dalam perjalanan awal, termasuk aku dan jn sampai muntah, tapi sesudah itu sudah mulai bisa adaptasi hehehe. Supaya aku tidak mabuk lagi, aku terus duduk di belakang supir (kursi posisi paling pas buat aku hehehe). Hal yang berkesan selama di perjalanan adalah melihat kota-kota di Jawa yang belum pernah aku kunjungi, melihat pemandangan di pembangkit listrik Paiton, dan naik kapal fery dari Ketapang ke Gilimanuk (Selat Bali). Bis dilengkapi fasilitas TV dan DVD player, sehingga kami bisa menonton tv atau karaoke. Aku juga bawa bantal karena akan tidur di bis. Perjalanan terasa lama sekali dan mundur lebih lama dari yg direncanakan karena kemacetan di awal dan berhenti 3 kali ada masalah teknis bis, hari Minggu besoknya jam 23.00 (WITA) kami baru sampai di hotel di Denpasar. Jadi lama perjalanan 28 jam, rencana 20 jam. Tapi syukur deh kami semua sampai dengan selamat dan sehat dan langsung makan malam di Hotel Nanda.

Menikmati pemandangan di Selat Bali (Ketapang-Gilimanuk)