Makanan di dalam Alkitab (Susu)

Sekarang kita akan membahas mengenai susu.  Apakah setiap hari kita minum susu?  Susu jenis apa yang kita minum?

  • Susu adalah salah satu makanan pokok di Perjanjian Lama (PL).  Keluaran 3:8 Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan. Inilah yang menjadi daya tarik Kanaan, yaitu banyak susu; artinya banyak padang rumput pula.  Jenis susu yang diminum waktu itu susu lembu, domba, kambing (Ul 32:14:21-22).  Susu kadang disajikan kepada tamu dan sering disajikan bersama madu atau anggur.
  • 1 Ptr 2:2 disebutkan mengenai pemberian ASI kepada bayi yang baru lahir

Berbagai jenis susu dan kandungan nya

  • Susu segar berasal dari kambing sapi yg diperoleh dengan cara pemerahan yang kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapat perlakuan apapun (SNI 01-3141-1998). Dalam prakteknya sangat kecil peluang kita untuk mengonsumsi susu segar definisi SNI tersebut di atas.  Susu segar yang baik seharusnya mengandung minimal 3,25 persen lemak susu dan 8,25 persen non lemak.  Tidak mengandung tambahan air dan bahan lain.  Sebelum diminum sebaiknya dipanaskan sampai 70 derajat celsisu selama 10 menit, lalu minum langsung dihabiskan.  Namun kemungkinan terkena mikroba karena suhu dan tingkat kelembapan di Indonesia.
  • Susu UHT (ultra high temperature)  diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145 derjat Celcius) selama 2-5 detik.  Pemanasan dengan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun patogen) dan spora namuntidak merusak nilai gizi susu.  Kandungan lemak sama seperti susu segar.
  • Susu pasteurisasi merupakan susu yang dipanaskan sekitar 63-72 derajat Celcius selama 15 detik yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen.  Susu pasteurisasi harus disimpan pada suhu rendah (5-6 derjat Celcius) dan memiliki umur simpan hanya sekitar 14 hari.
  • Susu bubuk berasal susu segar baik dengan atau tanpa rekombinasi dengan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan.  Umur simpan susu bubuk maksimal adalah 2 tahun dengan penanganan yang baik dan benar. Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk prowder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder) dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk prowder) (SNI 01-2970-1999).
  • Susu kental manis terbuat dari susu cair yang sudah dipasteurisasi kemudian ditambah gula. Kandungan gizinya lebih rendah daripada jenis lainnya, dan kandungan gula nya paling tinggi.  Susu kental manis lebih banyak digunakan untuk campuran makanan.

Tidak hanya anak-anak yang perlu minum susu, tapi orang dewasa dan lansia pun wajib minum susu (berkalsium tinggi). Kenapa? karena tulang kita sangat memerlukan kalsium.  Tulang adalah “pabrik” pembuat darah.  Nah kalau mau darah kita sehat, pabriknya harus sehat dong.  Jumlah kalsium yang dibutuhkan orang dewasa adalah 800 – 1000mg.

Waktu terbaik minum susu adalah saat sarapan pagi dan sebelum tidur.  Mulai hari senin kemarin aku sudah mulai menerapkan minum susu kalsium tinggi dan rendah lemak loh. Manfaat susu secara detail dapat dilihat di  (http://1ggplus.wordpress.com/2007/11/05/memetik-manfaat-susu-sapi/ )

Bagi kita yang mengalami alergi dengan susu sapi, dapat saja minum susu kedelai, kandungan gizinya hampir sama dengan susu sapi, kecuali kandungan kalsium nya yang lebih rendah.  Manfaat susu kedelai ini dapat dilihat di ( http://1ggplus.wordpress.com/2007/08/20/susu-kedelai-tak-kalah-dengan-susu-sapi/ )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s