Makanan di dalam Alkitab (1)

Hari minggu kemarin aku pergi ke seminar kesehatan dan makanan yang berdasarkan Alkitab.  Seminar ini diadakan oleh Gereja Wesley Methodist Pluit, dengan pembicaranya Pak Yohanes Sunardi, seorang ahli gizi.  Seminar ini menjadi menarik bagiku karena aku belum pernah betul-betul mempelajari makanan2 yang disebutkan di dalam Alkitab.  Ternyata Firman Allah tidak hanya berguna untuk kehidupan rohani kita, tapi juga sangat berguna untuk kesehatan jasmani kita, apabila kita pelajari dan praktikkan. Mari kita sama2 mempelajari topik ini dari dan mencari tau dari sisi medis sekarang.  Jangan kaget apabila menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan KEINGINAN atau KEBIASAAN kita ya..

  • Kejadian 1: 29 Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.” Pada mulanya ketika Tuhan menciptakan manusia, Tuhan memberikan tumbuhan berbiji (kacang-kacangan) dan buah-buahan menjadi makanan mereka.  Sedangkan daun dan rumput menjadi makanan binatang.
  • Kej 3:17-18 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: “Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu.  Semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu”. Ketika mereka berdosa, diet mereka ditambahkan dengan berbagai sayuranDengan diet mereka yang seperti ini, umur manusia sangat luar biasa.  Adam berumur hingga 930 tahun (Kej 5:5).  Set, berumur hingga 912 tahun.  Dan manusia tertua yang tercatat di Alkitab adalah Metusalah yang berumur 969 tahun (Kej 5:27)!
  • Kej 8:20 Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu. Arti tidak haram disini sepertinya bukan untuk dimakan, tapi untuk dijadikan sebagai korban bakaran kepada Tuhan, dan Tuhan sendiri yang mengajar Nuh.  Kej 9:3 Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.  Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.  Mungkin ini adalah saat ketika Tuhan memberikan daging sebagai tambahan.  Menurutku ini karena setelah air bah tumbuhan tidak ada untuk beberapa lama.  Jadi urutan nya adalah biji-bijian, buah, sayur, baru kemudian daging sebagai tambahan. Aku pikir ini bukan kebetulan saja, mengingat ajaran medis mengenai piramida makanan adalah porsi biji-bijian di bawah, diikuti dengan buah dan sayuran, barulah kemudian daging di atasnya.  Dan umur manusia di jaman itu turun drastis.  Nuh masih mencapai 950 thn, tapi anaknya Sem berumur 600 dan keturunan yang lain umurnya juga sudah lebih singkat (Kej 11).  Sejak itu umur manusia terus berkurang. Lihat jaman kita, apa yang kita makan, umur 40 saja sudah banyak yang kena penyakit ini itu. Eh ngomong-ngomong, Nuh adalah petani anggur pertama loh! (kej 9:20)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s