Promosi Jabatan Yusuf

Kejadian 41

Bagaimana rasanya mendapatkan promosi jabatan?  Mungkin beberapa dari kita merasa yah, memang sudah seharusnya kita naik jabatan dan naik gaji, dan ketika hari itu datang, kita merasa kita memang layak dan bangga akan hal itu.  Tapi kayanya hanya Yusuf yang bisa merasakan kejutan luar biasa, dari keadaan terlupakan di dalam penjara, sepertinya tidak jelas nasibnya, tiba-tiba suatu hari dipanggil, tidak tanggun-tanggung, langsung oleh Firaun!

Aku selalu ingat kalimat ini ” Kita hanya bisa melihat bintang ketika langit sudah sangat gelap” mengingatkan aku bahwa Tuhan selalu bekerja di luar dari apa yg kita lihat/alami saat ini.  Ingatlah bahwa kita dibatasi oleh panca indera kita, tetapi Tuhan selalu bekerja utk org2 yg dikasihinya. Berapa lama kita paling lama menanti/menunggu sesuatu/seseorang?  Aku sendiri sedang memikirkan dan menunggu hal yg lebih besar yg aku yakini akan Tuhan berikan dan percayakan utk aku.  Setiap orang mengingikan “promosi jabatan” yang berbeda-beda.  Ketika kita dalam keadaan tidak jelas yg disebabkan oleh keadaan, tidak ada hal yg bisa kita lakukan selain kita percaya dan berserah kepadaNya.

Tuhan adalah Tuhan yang selalu memberikan kejutan tidak disangka-sangka.  Aku ingat ketika sedang down dalam kuliah, tertekan dan stress menghadapi perkuliahan, aku yg dulunya selalu berprestasi merasa itulah saat2 paling buruk dalam sejarah pendidikan ku.  Aku berpikir hampir tidak sanggup melewati semester2 awal.  Tetapi Tuhan menunjukkan apa yang perlu aku pelajari dari semua situasi itu, dan memberikan kejutan untuk aku ketika bisa lulus skripsi dgn nilai baik.  Banyak pertolongan yang aku dapat dari teman2 ku.  Karakter ku jadi terbentuk.  Aku menjadi bergantung kepada Tuhan.  Tidak lama setelah lulus, aku diberikan pacar.  Aku tidak pernah wish minta pacar, tapi hari ini aku menikah dgn seorang pria yg melengkapi kekurangan karakterku.  Aku juga dipercayakan membantu bbrp temanku dalam pernikahan mereka.  Sepertinya segala sesuatu berjalan dgn cepat dan aku kadang2 tidak menyadari “promosi” yang telah Tuhan berikan utk ku.

Yusuf diangkat menjadi perdana menteri setelah mengartikan mimpi Firaun.  Kekuasaan nya sgt besar dan begitu tiba2!  Coba bayangkan orang2 yg disuruh menghormatinya, apa yg mereka pikir ” huh, siapa org baru ini, dgn cara apa dia bisa mendekati Firaun, org israel lagi” iri hati dan tidak suka pasti dialami Yusuf lagi, karena sekarang dia menjadi headline di Mesir.  13 tahun sejak Yusuf dijual hingga dipromosikan, cukup utk Yusuf belajar utk tetap rendah hati dan mengasihi Tuhan. Darimana kita tahu?

  • Yusuf memperoleh 2 anak dari istrinya (di jaman yg sudah sangat biasa poligami, Yusuf setia dengan 1 istrinya)
  • Yusuf memberikan nama kepada anaknya; Manasye (Allah telah membuat aku melupakan kesukaranku) dan Efraim (Allah memberi anak dalam kesulitan di mesir)
  • Yusuf bekerja dengan setia dan yg terbaik dengan segala kelimpahan yg dia punya, sehingga ketika kelaparan terjadi, dia menjadi penyelamat bagi byk orang.
  • Mungkinkah Yusuf sangat pintar sehingga ia dapat melakukan semuanya dgn baik? Pasti pengalaman nya di rumah Potifar dan penjara telah membantu dia melakukan tugas yg besar ini.  Kesetiaan nya kepada Tuhan dibalikkan oleh Tuhan sbg persiapan.

Bagaimana sikap kita ketika mendapat promosi jabatan?

Leave a Reply

