Olimpiade Beijing;Michael Phelps dan Maarten van der Weijden

Akhirnya Olimpiade sudah ditutup. Sayang sekali semalam aku hanya menyaksikan sebagian kecil upacara penutupan nya, padahal kata orang-orang penutupan nya sangat spektakuler. Bahkan Beckham jg sempat tampil dalam upacara penutupan. Sebagian lagi nonton nya di youtube aja deh hehehe.

  • China mengukir sejarah dengan mengumpulkan medali emas terbanyak, yaitu 51 medali meninggalkan AS yang mendapat 36 medali emas. Selama ini medali emas didominasi oleh AS. Olimpiade ke XXIX ini juga dianggap sebagai yang paling luar biasa di antara semua olimpiade, bahkan diakui oleh Sebastian Coe, ketua panitia penyelenggara Olimpiade London 2012 dan Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Jaques Rogge.
  • Michael Phelps, perenang dari AS memboyong 8 medali emas, setelah meraih 6 medali emas di olympiade athena 4 tahun lalu. Dia menjadi orang pertama dalam yang meraih 8 medali emas dalam 1 olympiade. Keunggulan Phelps yang berumur 23 thn ini terletak pada teknik, selain bahwa ia seorang pekerja keras yang jarang telat berlatih. Ia juga punya kemampuan fisik yang sangat unggul, bisa pulih secara cepat setelah bekerja keras.
  • Maarten can der Weijden dari Belanda, tujuh tahun lalu didiagnosa menderita leukemia. Namun vonis tersebut tak menyurutkan semangat hidupnya. Dengan transplantasi sel dan kemoterapi dia akhirnya bisa bertahan hingga kini. Dia berhasil meraih medali emas dari nomor yang luar biasa yakni renang maraton luar ruangan dengan jarak tempuh 10 km. Saya kebetulan menonton pertandingan ini. Di sepanjang pertandingan Van der Weijden selalu berada di belakang perenang Inggris, David Davies. Ternyata di 400 meter terakhir dia mampu menyusul ke posisi terdepan hingga menyentuh garis finish dengan waktu 51 menit dan 51 detik.
    “Leukaemia mengajari saya untuk berpikir selangkah demi selangkah … menjadi lebih sabar, santai dan menunggu (kesempatan). Itu strategi yang sama dengan yang saya terapkan di sini, bertahan di rombongan, mencoba tenang dan menunggu kesempatan saya,” kata pria 27 tahun itu.
  • Indonesia berhasil meraih emas di cabang bulutangkis melalui Markis Kido dan Hendra Setiawan. Syukurlah, masih dapat emas walupun cuma 1. Maria Kristin meraih medali perunggu untuk tunggal putri bulutangkis, pasangan Nova dan Liliyana mendapat perak, sedangkan Eko Yuli berhasil meraih perunggu di cabang angkat besi. Bravo untuk semua atlet Indonesia yang telah memberikan yang terbaik di Olimpiade!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s