Doa (2)

( khotbah Harliem 24 Agt, GKDI Menara Kuningan )

Dalam kehidupan kristen, doa adalah hal yang paling gampang dilakukan, sekaligus hal yg paling sulit dilakukan.

Sebelumnya kita perlu mengerti bahwa doa adalah komunikasi 2 arah, bukan sekedar kita yang bicara tapi juga bagaimana kita mendengar Tuhan.  Tuhan bicara melalui berbagai cara lewat Firman, Roh Kudus, dan orang2.

Mengerti apa kehendak Tuhan lebih penting daripada sekedar menyampaikan apa yg kita inginkan.  Ketika berdoa, apakah kita ingin Tuhan yg adjust dengan keinginan kita, atau sebaliknya kita berubah untuk mengikuti kehendak Tuhan?

Kadang-kadang kita bingung harus berdoa apa, karena kita tidak tahu mengenai masa depan, dan kita tidak tahu apa yg terbaik untuk kita.  Visi kita terbatas hanya dengan indera yg kita miliki.  Mari kita lihat peranan Roh Kudus (saya singkat RK) dalam membantu doa kita.

Baca Yoh 14:16-17, Yoh 15:26, Rm 8:26-27

RK = Roh Kebenaran.  Kebenaran bukan sekedar konsep, namun adalah seorang pribadi.  Kita tidak diminta untuk menjadi seorang filsuf, tapi untuk menghidupi kebenaran itu.  Ingat Yesus tidak hanya mengajarkan, Yesus memberikan dirinya sendiri.  Apakah kita hidup dalam kebenaran itu?

RK juga adalah pribadi yang membantu mengangkat beban yang tidak mampu kita angkat.  Ketika berdoa, kita tidak tahu apa yang ada di dalam “gudang” Allah, namun RK yang mengetahui dan membantu kita untuk meminta, menyempurnakan doa kita.

3 hal tentang doa yang sering terjadi :

  • Kita berdoa minta A, tapi Tuhan kasih B.  Di Mrk 2:3-5 tentang  4 orang yang menggotong teman nya yg lumpuh meminta disembuhkan, tapi Yesus malah bilang “dosamu sudah diampuni”  Apa yang diminta, apa yang diberi.  Mana hal yang lebih penting menurut Yesus? Mana hal yang lebih penting menurut kita?  Efs 3:20 dan 1 Kor 2:10-12 Tuhan melakukan jauh lebih banyak daripada apa yang kita doakan tau pikirkan!
  • Kita berdoa, tapi tidak ada jawaban, sepertinya Tuhan diam saja.  Yoh 11 ttg Lazarus, kenapa Yesus “sengaja” terlambat datang ketika Lazarus sudah mati?  Yesus ingin kita mengetahui lebih dalam lagi apa yg dapat Dia lakukan, yang tidak kita ketahui sebelumnya.  Maria sebelumnya hanya tau bahwa Yesus bisa menyembuhkan, setelah kejadian itu Maria menjadi tahu bahwa Yesus juga membangkitkan org mati!
  • Kita berdoa, setelah itu kita tidak mengkoneksikan apa yg terjadi dgn doa kita.  Doa tidak sekedar rutinitas, yang penting sudah berdoa, lalu kita tidak memperhatikan dalam hidup kita apa yang terjadi, bahkan kita tidak tahu bahwa Tuhan sudah bekerja untuk doa kita. Perhatikan apa yg terjadi setelah kita berdoa, perhatikan bagaimana Tuhan bekerja dan menjawab doa.  Kadang2 kita sering bingung untuk mengetahui sesuatu hal yg terjadi itu dari Tuhan atau dari iblis. Fokus saja kepada kebenaran Tuhan, tidak usa fokus kepada hal lain, dan kita akan belajar utk mengerti apakah ini kehendak Tuhan atau bukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s