Yusuf dan Keluarganya

Kali ini aku mempelajari ttg tokoh Yusuf/Joseph, the overcomer

Kalau membayangkan keluarga Yusuf, aku jadi ingat acara Nanny 911 yang di Metro TV. Aku sering nonton acara itu karena memberikan pesan yang bagus untuk membangun keluarga, terutama utk orangtua yang tidak bisa mengatasi masalah dengan anak-anaknya.

Hmm menurutku keluarga Yusuf ini adalah sebuah keluarga yang perlu bantuan Nanny. Yusuf memiliki 11 saudara ( aku dengan 1 adikku saja dulu sering bentrok, apalagi kalau ber-12 ya? ) yang 10 di antaranya adalah saudara tiri. Ayahnya, Yakub, sudah mengalami masalah dari sejak awal menikah dgn Lea yang tidak ia cintai. Seandainya kita melihat ke dalam buku Kejadian, byk sekali masalah yg terjadi dalam keluarga ini.  Perkosaan yang terjadi kepada Dina, persaingan antara Lea dan Rahel, kematian Rahel pada saat melahirkan Benyamin, hubungan incest antara Ruben dengan ibu tirinya, perselisihan dan kebencian antara Yusuf dengan saudara2 nya.  Kelihatan nya Yakub adalah pemimpin keluarga yang pasif sehingga tidak banyak berbuat apa-apa mengatasi masalah anak2 nya.

Tetapi yang menyebabkan masalah bagi Yusuf adalah karena Yakub memperlakukan Yusuf lebih istimewa dibandingkan saudara2 nya.  Mungkin perilaku Yusuf yang paling baik di antara yang lain.  Mungkin karena ia adalah anak Rahel, yg dicintai Yakub.  Mungkin karena Yusuf lahir pada masa tuanya. Apapun alasannya, perlakuan Yakub sampai dgn memberikan jubah khusus kepada Yusuf menyebabkan kecemburuan dan kebencian dari saudara2 nya.  Mereka tidak mau bicara dgn Yusuf.  Ditambah lagi yusuf menceritakan mimpinya, semua saudaranya dan ayahnya menegur dia.  Dapatkah kita bayangin kalo kita jadi Yusuf?

Yusuf  diperlakukan dgn kejam, bahkan akan dibunuh seandainya Ruben tidak bicara.  Yehuda mengusulkan untuk menjual Yusuf dengan murah, kemudian mengabarkan kepada Yakub bahwa Yusuf sudah mati.  Apa yg dilakukan oleh Yakub mendengar kabar itu?  apa dia menyesal dan merasa gagal menjadi seorang ayah?  Bagaimana dgn yusuf? Bagaimana perasaan dia terhadap saudara2 nya?  Apa kita belajar sesuatu mengenai hubungan dalam keluarga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s