Doa Bapa Kami

( khotbah dari Budi Hartono, 17 Agt 08, GKDI Menara Kuningan )

Luk 11: 1-2 ” Lord, teach us to pray…”

Doa bukan hal yang secara natural kita langsung bisa, doa harus dan bisa dipelajari. Semakin sering kita berdoa, semakin bisa kita berdoa, dan semakin enjoy kita berdoa.

Mat 6:9-13 apa yang Yesus ajarkan tentang doa ini?

9 ” our father in heaven…”

  • Yesus ajarkan tentang sifat Kebapakan Allah (His Paternity). Inilah konsep berbeda ttg Allah sebagai Bapa, yang tidak pernah diajarkan sebelumnya. Bagi seorang laki2 untuk memutuskan menjadi seorang ayah, artinya dia harus berkomitmen membesarkan dan mengasihi anaknya. Kalau ayah kita di dunia bukan ayah yang baik, Bapa kita di surga adalah Bapa yang luar biasa. Kalau kita memliki ayah di dunia yg baik, maka lebih baik lagi Bapa kita di surga. ketika kita berdoa, apakah kita sadar kepada siapa kita ini berdoa?

” hallowed be your name…”

  • Yesus ajarkan tentang kepribadian /karakter Tuhan (His personality). Nama Tuhan sangat penting. Orang yahudi memberikan berbagai nama untuk menggambarkan karakter Tuhan, misalnya Elohim (strength/power), Jehovah atau Yahweh (Tidak terkalahkan, hebat). Budi memberikan list berbagai karakter Tuhan yang dapat kita pelajari dan membantu kita berdoa. ( aku gak dapat listnya, tapi sebagai refrensi dari aku, mungkin bisa dilihat di http://www.smilegodlovesyou.org/names.html ) Ketika kita sadar akan karakter Tuhan, masalah kita akan menjadi kecil.

10 ” Your Kingdom come, your will be done on earth as it is in heaven “

  • Yesus ajarkan tentang Tujuan Tuhan (His Purpose). Dalam doa kita, apakah kita sering meminta keinginan kita, tapi jarang mendoakan kehendak Tuhan itu sendiri? Dapatkah kita berdoa utk kita sendiri dimampukan melakukan kehendak Tuhan? Apakah kita bertanya apa yg Tuhan ingin kita lakukan

11 ” give us today our daily bread “

  • Yesus ingatkan kita tentang Penyediaan Tuhan (His Provision). Banyak hal yang tidak kelihatan tapi yang membuat kita tetap hidup hari ini. Bayangkan seorang pasien di ruang ICU dengan berbagai alat penopang hidupnya, yang kalau dicabut dia langsung meninggal. Sebenarnya hidup kita begitu rapuh dan sangat bergantung kepada kehendak Tuhan. Kalau Tuhan cabut salah satu kabel dalam tubuh kita, ya kita mati. Amsal 30:8-9 contoh doa yang bagus dalam hal meminta kebutuhan2 kita.

12 ” forgive us our debts, as we also forgiven our debtors”

  • Pengampunan (His pardon). Selalu renungkan apakah kita lakukan dosa, bertobat, dan diampuni. Ketika kita betul2 menghargai pengampunan Tuhan, kita juga akan mampu memaafkan org lain yg bersalah kepada kita. Ingat, cara kita mengampuni org lain akan dipakai Tuhan pula dalam mengampuni kita.

13 ” lead us not into temptation, but deliver us from the evil “

  • Ingat akan Perlindungan Tuhan (His protection). Berapa kali kita bersyukur akan keselamatan fisik kita sehari-hari? Lebih dari keselamatan fisik, apakah kita menganggap penting keselamatan rohani kita? Apakah kita berdoa untuk dimampukan Tuhan dalam hidup benar? Ingatlah akan panggilan Tuhan untuk kita hidup kudus. amin.

waow… walaupun sudah pernah mempelajari doa ini, aku masih saja perlu berubah dalam hal berdoa lebih banyak. TIba2 rasanya banyak hal yang belum aku doakan selama ini. Tuhan, tolonglah aku untuk berubah dalam hal doa ini ya, amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s