1 Timotius 1 (2)

Latar Belakang Penulisan 1 Tim

Pada saat perjalanan misi Paulus ke 4, Paulus meminta Tim untuk tinggal di Efesus sementara Paulus melanjutkan perjalanan ke Makedonia. Ketika Paulus tidak dapat kembali dalam waktu dekat, dia menulis 1 Tim ini utk Tim.

Tim sudah mengenal jemaat Efesus waktu menemani Paulus berkotbah disana pada perjalanan misi ke 2 (Kis 19). Tim bersama Paulus hingga cerita di Kis 28, kemudian setelah Paulus dibebaskan mereka kembali mengunjungi jemaat2 dan saat itulah Tim diminta tinggal di Efesus.

Paulus sangat mempercayai Tim, bahkan di Flp 2: 19-22 dia menganggap Tim adalah anaknya. Bayangkan tanggung jawab sebesar apa yg dipegang oleh Tim karena kepercayaan Paulus terhadapnya. Atau, mungkin karena itulah, Tim bisa bertumbuh menjadi pemimpin yang luar biasa?

Pesan dalam 1 Tim 1

  • Memberikan pengajaran dan fokus yang benar, yaitu iman kepada Kristus
  • Pertobatan dan hidup Paulus menjadi contohan akan kasih Kristus
  • Ternyata tugas Tim sudah dinubuatkan, walaupun tidak diceritakan di buku lain, kemungkinan seperti nubuat terhadap Paulus dan Barnabas di Kis 13:1-2
  • Himeneus ( 2 Tim 2:16-18 ) dan Alexander dikeluarkan dari gereja (church discipline) karena dosa mereka dapat menyesatkan jemaat

1 Tim 2

  • Doa syafaat untuk semua orang termasuk untuk pemimpin bangsa (yang waktu itu adalah Kaisar Roma, Nero). Seberapa sering kita berdoa utk orang lain, agar orang lain juga memperoleh pengetahuan akan kebenaran?
  • Pengajaran kepada wanita dalam beribadah; fokus kepada perbuatan baik dalam beribadah, bukan kepada penampilan yang bagus. (Apakah kita pergi ke gereja untuk menunjukkan status ekonomi kita? Atau mungkin kita gak berpikir ke situ, tapi dalam beribadah kita sering kuatir ttg apa yg orang pikir ttg penampilan kita atau kuatir tentang ibadah kita tidak benar?)
  • Peranan wanita, laki2 haruslah yang memimpin/mengajar dalam pertemuan jemaat, mungkin saat itu di Efesus wanita lebih dominan sehingga perlu diajarkan
  • Women will be saved through childbearing – if they continue in faith, love, and holliness with propriety. Bisa berarti wanita berperan dalam rumah tangga dan sebagai ibu, atau dosa diselamatkan melalui kelahiran Kristus, atau wanita akan dijaga/diselamatkan dalam proses melahirkan ya? Hmmm nanti aku tanya2 ke yang lain soal ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s