1 Timotius 1

Mengikuti saat teduh suamiku, akhirnya aku juga mempelajari tokoh ini. Dulu waktu aku masih teens, aku sering banget dikasih ayat tentang Timotius, karena dia juga menjadi kristen yang luar biasa pada usia muda.

Keluarga Timotius (Kis 16)

Lahir dari pernikahan campuran, ibunya yahudi bapaknya yunani. Hmm, bagaimana ya hubungan orang tuanya yg berasal dari latar belakang sangat berbeda. Mungkin ayahnya mengajari ttg dewa2 Yunani, sedangkan ibunya mengajari dia ttg hukum taurat yahudi. Coba deh bayangin gimana jadi Timotius kecil, siapa yg mesti dia ikuti?

Tetapi ternyata Ibunya dan Timotius menjadi Kristen pada saat penginjilan pertama Paulus di Listra dan Ikonium (kis 14). Apakah peristiwan ini membuat satu konflik di keluarga, bisa saja terjadi. Waktu aku menjadi kristen, keluargaku menentang keputusanku, dan bertahun-tahun keyakinanku baru bisa diterima dengan baik. Tapi keyakinan timotius bagus, terlihat dari dia dikenal baik oleh jemaat. Mungkin karena pergumulan di dalam keluarganya, timotius menjadi contohan utk yg lain. Bahkan, paulus melihat potensi lebih besar bagi tiomtius untuk menjadi penginjil masa depan.

Apa yg membuat tim mau mengikuti Paulus? di 2 Tim 3: 11, Tim mengetahui atau menyaksikan penderitaan yang dihadapi Paulus. Mungkin keyakinan dan hidup Paulus menjadi inspirasi utk Tim, sehingga dia sangat tertusuk dan mau mengikuti Paulus. Jika kita melihat seorang murid Yesus lain yang mengalami tantangan iman, apakah itu membuat kita takut dan mundur, atau membuat kita lebih kuat dan terinspirasi?

Terima kasih untuk Paulus yang selalu melihat apa yg orang lain tidak dapat lihat, terutama untuk memberikan inspirasi kepada Tim dan mengajaknya dalam perjalanan misi. Bayangkan betapa kehidupan Tim berubah setelah itu! Hari ini, siapa yang kita pengaruhi sehingga bertumbuh iman nya, seperti Paulus mempengaruhi Tim?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s