FAITH

(pelajaran hari Minggu, 27 Juli 08 oleh Pdt. Harliem)

Terdapat 7474 janji yang ada di dalam Alkitab, 6000 di antaranya berlaku untuk semua orang, dan sisanya untuk orang-orang tertentu.

Masalahnya sekarang, berapa banyak janji yang sudah kita lihat/rasakan terjadi dalam hidup kita?

Tuhan memberikan kita GRACE, dan kita harus memiliki FAITH

Cth Abraham. Sebelumnya dia adalah Abram (yg berarti father of many), tapi Tuhan ubah namanya menjadi Abraham (yg berarti Father of multitude). Nama dan artinya sangat penting dalam kehidupan yahudi. Bayangkan ketika org2 memanggil dia Abraham, tapi dia masih belum memiliki anak. Dia diberikan janji, tapi dia sendiri masih belum melihat janji itu terjadi. Itulah yang namanya FAITH.

Rm 1: 17 Orang benar akan HIDUP oleh iman. Bukan hanya pada saat kita dibabtis dan memperoleh hidup baru, tapi juga setiap hari dalam hidup kita. From first to last.

Seorang pengajar mengatakan, orang dibagi atas parit kecil dan parit besar. Parit kecil adalah org yg kuatir tentang kehidupan sehari-hari, sedangkan Parit Besar adalah org yg kuatir akan hal-hal yg lebih besar seperti Apa yg Tuhan ingin saya lakukan untuk generasi saya?

(Saya adalah parit kecil, tapi sebenarnya kadang2 memikirkan dan bertanya hal2 besar juga)

Ibr 11: 24-29 Musa

IMAN memilih apa yg orang lain tidak pilih

Musa memilih dengan cara dia menolak dulu. Apakah kita sulit memilih dalam hidup kita? Mungkin karena kita tidak menolak hal2 yg tidak benar. Dalam hal apa kita sulit menolak dan memilih yg benar?

IMAN melihat apa yg orang lain tidak lihat

Kita tau mengenai ayat di Yer 29: 11, tapi kalau kita lihat di ayat 10, Tuhan baru akan melakukan janjinya setelah 70thn. Kalau kamu bangsa yahudi saat itu, apa perasaan kamu? Kamu akan complain karena hah lama bgttt atau bersyukur karena masih mau dipulihkan oleh Tuhan?

Mari kita lihat apa yg mungkin kita tidak bisa lihat

Dalam masa pembuangan, bangsa Israel akhirnya berhenti menyembah berhala. Mereka jijik melihat praktek dosa di depan mata mereka sendiri, setelah mereka sebelumnya mengikuti dosa itu. Tuhan membiarkan mereka dijajah untuk melihat kehidupan dosa yg sebenarnya sehingga membuat mereka mengerti.

Di jaman pembuangan juga ditulis kitab2 Raj2, Taw, Yer, Rat, Mzm, Yeh

Tuhan juga membangun kerajaan dan namaNya lewat Daniel dkk, yang berani membela nama Tuhan di depan Nebukadnezar. Nebukadnezar akhirnya mengakui Tuhan. Daniel menjadi pemimpin org2 pintar di sana. Pengaruh daniel bahkan sampai ke jaman Yesus, ketika ada org majus datang membawa hadiah pada kelahiran Nya. Pikirkan, kok bisa orang2 majus pergi seorang Raja Yahudi?

What do you see?

IMAN melakukan apa yang org lain tidak lakukan

Apa yang membuat kita tidak melakukan? Apakah kita orang yg selalu menunggu situasi sampai sudah bagus? Buat daftar, hal2 apa yg ingin kamu lakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s