“Sign Me Up” Retreat (2)

Retreat Single 2008 kali ini diadakan di Villa Tjokro, Puncak. Wah, ini adalah tempat retreat paling mewah daripada semua retreat yang pernah gua ikuti di gereja, hehehe. Vilanya banyak, dalam 1 vila bisa menampung 10 org, sehingga kita tidak ada yang pake sleeping bag, semua dapat kasur. Di villa gua banyak ngobrol dgn org2 yg baru gua kenal, seperti Shelly, Apri, Yenny, Eli, Diana, dan ada Ibu Marcel, dosen ITB yang sering diceritakan itu. Sebelum menjadi Kristen dia terkenal sbg dosen killer di jur biologi ITB dan sulit utk bersahabat, tapi sekarang dia bisa bersahabat dgn byk orang dan menjadi inspirasi atas perubahan hidupnya. Di villa gua ini, ada 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, air minum, dan pantry. Lokasinya dekat juga sama ruang makan dan ruang kumpul, jadi kita gak cape turun naik daerah vila yang menanjak.

Rabu malam gua ikut rombongan pertama, berangkat dari Kuningan jam 4 kurang tapi sampe disana jam 7 lebih, karena saat itu turun hujan dan di Kuningan macettt banget. Ketika sampai, kita langsung makan karena lapar. Villa Tjokro ini trenyata lokasinya luas banget, vilanya banyak banget. Gua gak tau jumlah vila/kamarnya, yg jelas jumlah peserta retreat kita adalah 650 orang. Nah, ini adalah retreat dgn jumlah peserta terbanyak dari yang pernah kita adain. Hepinya gua, kali ini gua bukan panitia, karena sudah merid, jadi betul2 tinggal menikmati acara dan.. mengingat misi rahasia gua hehehe. Sesudah registrasi kita segera taroh barang2 di villa, dan pergi ke ruang seminar, wah disana juga ada fasilitas lengkap sampai kita2 bisa karaoke pula hehehe.

Rombongan kedua dan ketiga ternyata tibanya cukup malam, sampe jam 1 pagi. Walaupun semua nampak cape, tapi keesokan harinya, semua bisa semangat untuk memulai acara. Acara pagi dimulai dengan devotional yang dipimpin oleh Sahat. Sahat mengingatkan kita utk selalu fokus hub dgn Tuhan, karena kehidupan Single itu punya banyak waktu dan pilihan dan tenaga utk lak byk hal utk Tuhan. Setelah itu ada sharing dari Natalia, Arief H, dan Afong ttg bagaimana mereka menjalani hidup Kristen mereka, dengan segala pergumulan dan tantangan, tapi tetap berusaha memberikan yang terbaik utk mengikuti Firman Tuhan. Waow, sharing mereka sangat menginspirasi.

Setelah makan dan mandi, acara diisi dengan Praise Worship. Setelah itu ada lesson dari special speaker, Wee Kiong yang khusus datang dari Singapura utk khotbah. Khotbahnya sangat powerful, mengenai Surga dan Neraka. Setelah lesson, kita makan siang dan diskusi dalam group. Setelah selesai, kami menyaksikan 6 orang yang dibabtis di kolam renang, waow selamat ya…

Seperti biasa, ada beberapa games yang sampai sekarng gak ketahuan siapa pemenangnya hehehe, dan ada acara yang baru pertama kali dibuat di retreat, yaitu mini concert. Artisnya? Ria Warna, Nugie, dan Nobo Idol. Wah, walaupun nonton nya berdesak-desakan di ruang seminar, tapi orang2 semangat banget sampe gak sadar uda kelewatan waktunya hehehe. Akhirnya lesson kedua dilanjutkan yg dibawakan oleh Charles Setiawan dari Bandung. Charles bicara ttg membuat perbedaan sebagai murid Yesus.

Jam makan jadi agak terlambat, gua juga uda kelaparan tapi gak papa deh. Malam itu kita diskusi lagi di group masing2, dan ternyata malam itu juga sebagian org harus pulang, karena besoknya bekerja. Yah, kamar gua jadi kosong deh. Akhirnya malam itu gua membantu tim konsumsi utk goreng pisang. Gua yang bumbuin lalu masukin ke kuali, si Lina yang gorengin. Jumlah pisangnya byk bgt, 1 panci lebih. Tangan pegel juga, tapi happy bisa sambil ngobrol banyak dgn Lina dan Selvy.

Jumat pagi, gua juga harus kembali ke Jak karena masih mau ngantor. Akhirnya kita sampe Jak jam 8. Rombongan terakhir pulangnya jam 3 siang. Begitulah cerita singkat retreat kita. Gua sendiri merasa cukup refreshed dan beban pekerjaan jadi terlupakan. Mendapat semangat baru utk melanjutkan kehidupan dan tujuan hidup, amin.

Leave a Reply

