Tribute to Women 2008

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara bekerja sama dengan Plaza Semanggi dan harian Kompas memberikan anugerah kepada 10 perempuan yang dianggap mampu memberikan inspirasi kepada sesama perempuan. Ketiga lembaga tersebut juga menghadirkan foto-foto eksklusif mereka dalam sebuah pameran bertajuk Tribute to Women 2008.

Ke-10 perempuan yang mendapat penghargaan tersebut ialah

  1. Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI)
  2. Diana Santosa (Pengusaha Batik),
  3. Dr. drh. Ligaya Ita Tumbelaka, Sp.MP, M.Sc (Pencatat Silsilah Harimau Sumatera Regional Indonesia, di Taman Safari Indonesia)
  4. Mirza Dikari Kusrini, Ph.D (Ahli Ekologi Katak)
  5. Meuthia Kasim (Media)
  6. Mira Lesmana (Produser Film dan Sutradara)
  7. Maia Estianty (Artis)
  8. Dita Indah Sari (Aktivis Perempuan)
  9. Ayu Utami (Penulis), dan
  10. Irene Kharisma Sukandar (Pecatur Dunia)

“Ke depan saya berharap perempuan Indonesia dapat meneladani proses yang telah dilakukan 10 perempuan tersebut. Mereka adalah perempuan yang tidak saja ikut berjuang untuk kesetaraan jender saja, tapi menyadari kemerdekaan memilih karir dan jalan hidupnya, misalnya Irene sebagai pecatur, Ayu Utami dengan dunia sastra, bahkan Maia Estianti, seorang artis dan ibu rumah tangga yang sangat mencintai keluarganya,” ujar Mukhlis.

Sementara itu Center Director Plaza Semanggi, Christopher mengungkapkan kegiatan hasil kerja sama ketiga lembaga itu merupakan kegiatan yang didedikasikan untuk wanita Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kartini. “Keterlibatan perempuan Indonesia masa kini di sektor publik tidak lepas dari peran Kartini, karena itu kami gelar acara ini sebagai bagian dari penghargaan pada Kartini,” katanya.

Sebanyak 10 perempuan tersebut dipilih oleh tim yang diketuai Hermanus Prihatna (Kantor Berita Antara). Ia mengungkapkan, setiap perempuan mewakili setiap bidang yang ditekuni. Misalnya, Maia Estianti untuk bidang musik, Irene (olahraga), Ayu Utami (Sastra), Dita Indah (aktivis), dan Sri Mulyani (pejabat pemerintah).

Selain memberikan penghargaan, Antara juga menggelar pameran foto-foto mereka yang merupakan hasil karya 10 fotografer yang bekerja pada media cetak wanita. Proses kurasi dilakukan oleh Hermanus dan Arbain Rambey (Kompas).

Fotografer peserta pameran adalah Dachri MS (Majalah Femina), Endro Gunawan (Majalah Kartini), Muhammad Fahri (Majalah Paras), Rahmad Gunawan (Majalah CLARA), Arief (Majalah Go Girl), Abib (Majalah Alia), Yuan Reva (Majalah Female), Kemal Akbar (Majalah Bazaar), Romy (Tabloid Nova), Barrie (Tabloid Wanita Indonesia).

Maia Estianti, pendiri Duo Maia dan ibu tiga anak ini mengaku sangat bersyukur dan tidak menyangka bisa terpilih sebagai salah satu inspirator. Fotonya bersama anak-anaknya Al, El dan Dul, juga membuatnya sangat bangga karena dipamerkan.

“Ini luar biasa sekali, saya ada di antara 10 perempuan yang dianggap mampu memberi inspirasi. Sebagai seorang ibu, di tengah kesibukan menyanyi saya tetap menomorsatukan anak-anak,” katanya.

Sementara Irene Kharisma Sukandar yang berusia paling muda (16 tahun) di antara penerima penghargaan, mengatakan penghargaan tersebut membuatnya termotivasi untuk terus mengukir prestasi di dunia olahraga catur yang digelutinya.

“Setiap tindakan selalu memberi dampak di kemudian hari, termasuk jalan hidup yang saya pilih sebagai pecatur. Mungkin hal ini tidak menarik bagi sebagian remaja seusia saya, tapi saya sudah memilih catur, dan berusaha terus berprestasi,” ujar gadis yang baru saja menjadi juara satu turnamen catur internasional Piala Rektor Ukraina 2008 di Ukraina.

Pameran foto Tribute to Women akan berlangsung 22 April – 4 Mei di Sky Building, Lantai 10 Plaza Semanggi, Jakarta

( Dikutip dari Kompas.com, 23 April 2008 )

~ Inspirasi apa yang kita dapatkan dari tokoh-tokoh tersebut? ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s